Tapis – Warisan Kuliner Indonesia ala Kayu Manis Jimbaran Private Estate & Spa

English version here.
Sebagai food blogger, memenuhi undangan makan dari sebuah restoran untuk diulas dalam suatu bentuk tulisan ‘restaurant review’ sudah menjadi pekerjaan saya beberapa tahun belakangan ini. Bosan makan nasi dengan lauk pauknya karena itu sudah menjadi makanan kita sehari-hari, membuat tim Wisata Kuliner Bali sering kesulitan untuk mengapresiasi kuliner negeri sendiri, apalagi secara food photography dan dari sisi presentasi, masakan Indonesia kurang cantik dipandang, terkadang kami harus menata ulang ‘food styling’nya agar terlihat indah dalam bentuk gambar nantinya. Ditambah lagi perut saya yang selera aslinya lebih ke makanan sehat ala Barat, atau Jepang atau Thai, hanya sedikit restoran atau warung hidangan khas Indonesia yang betul-betul saya gemari.

Wisata Kuliner Bali - Tapis Restaurant - Kayu Manis Jimbaran

Kali ini, ceritanya jadi lain. Terletak di belakang jalan raya Uluwatu, satu wilayah dengan desa nelayan Kedonganan, Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, dan berada di tengah-tengah kebun pohon kelapa palem, dari mulai konsep hidangan dan cita rasa yang disajikan, restoran Indonesia ‘fine dining’ Tapis yang adalah bagian dari Kayu Manis Jimbaran Private Estate & Spa merupakan secercah harapan akan berjayanya kuliner asli Indonesia sebagai salah satu hidangan Asia terbaik di dunia. Tapis sebenarnya hadir dari satu unit villa yang didedikasikan khusus untuk menjadi sebuah restoran yang terdiri dari kumpulan beberapa bangunan terpisah, adaptasi dari rumah khas tradisional Bali.

INOVASI KREATIF WARISAN KULINER INDONESIA

Masakan Indonesia kaya akan rasa, aroma, rempah-rempah, dan terkadang membutuhkan proses memasak yang lama mulai dari berjam-jam sampai menginap satu malam agar bumbu yang digunakan betul-betul meresap ke dalam bahan makanannya. Disini, di Tapis Restaurant, Anda dapat mencicipi menu pilihan fine dining, representasi dari cita rasa kepulauan di Indonesia. Chef Oka, asli Bali, telah menciptakan beberapa hidangan khas Tapis yang terinspirasi dari resep warisan masakan rumahan negeri kita yang diturunkan dari generasi di masa lampau, menggunakan bahan-bahan segar dari pasar lokal terdekat. Tentu saja tidak lengkap rasanya menikmati masakah khas Indonesia tanpa ditemani nasi putih hangat, krupuk, dan aneka sambal nusantara yang pedas. Disini Anda akan merasakan pengalaman kuliner nusantara yang menyeluruh dan lengkap.

Berikut adalah highlight dari beragam menu pilihan yang ditawarkan, dan sangat patut Anda coba:

Appetizers
Recommended: Tongkol Sambal Matah (Jenius! Wajib dicoba); Lumpia Bebek Jamur

Lumpia Bebek Jamur - Tapis Restaurant - Kayu Manis JimbaranLumpia Bebek Jamur


Maincourse
– Bersiaplah untuk terkejut dengan cita rasa masakan Indonesia yang tidak biasa…
Recommended: Udang Saus Pete; Mangut Ikan; Karangan Be Pasih; Bebek Betutu; Sapi Saus Rendang

Udang Saus Pete - Tapis Restaurant - Kayu Manis JimbaranUdang Saus Pete

Mangut Ikan - Tapis Restaurant - Kayu Manis JimbaranMangut Ikan

Karangan Be Pasih - Tapis Restaurant - Kayu Manis JiimbaranKarangan Be Pasih

Bebek Betutu - Tapis Restaurant - Kayu Manis JimbaranBebek Betutu

Sapi Saus Rendang - Tapis Restaurant - Kayu Manis Jimbaran Sapi Saus Rendang


Dessert
– Hidangan pencuci mulut Indonesia yang mewah ? Disini tempatnya..
Wajib dicoba, signature dessert dari Tapis: Klepon Nila Sari; Limpang Limpung; Es Palu Butung

Klepon Nila Sari dan Limpang Limpung - Tapis Restaurant - Kayu Manis JimbaranKlepon Nila Sari dan Limpang Limpung

Es Palu Butung - Tapis Restaurant - Kayu Manis JimbaranEs Palu Butung

Kid Menu – Tokoh superhero dan karakter kartun, nama dan rasanya disukai para bocah..
Adik-adik bisa coba: Tweety Bird-Ayam goreng dengan kentang goreng dan saus koktail; Kura-Kura Ninja–Nasi goreng dengan telur goreng dan kerupuk (tanpa sambal, dong..); Spiderman–Mie goreng dengan telur dadar dan kerupuk udang


Beverage
– pilihan minuman segar dan sehat untuk seluruh keluarga
Kayumanis Smoothies – pisang, kayu manis, yoghurt, madu
Coconut Shadow – strawberry, kelapa muda, pisang, yoghurt, madu
Yellow Summering – jeruk mandarin, nanas and jus cranberry

Mango Breeze - Tapis Restaurant - Kayu Manis JimbaranMango Breeze – puree mangga, puree strawberry, jus nanas

Pilihan menu terbaik yang sangat direkomendasi untuk membuat perjalanan kuliner di kepulauan Indonesia yang panjang ini menjadi singkat, adalah dengan memesan Indonesian Rijstaffel Feast for two yang menjadi pengantar sempurna untuk mencicipi beragam hidangan khas negeri ini dalam satu menu dan porsi yang pas.

DI DALAM NAMA, ADA NASI HANGAT

Geo - Tapis Restaurant - Kayu Manis Jimbaran

Tapis sesungguhnya adalah kulit ari dari batang pohon kelapa, dan limbahnya banyak dijadikan bahan kerajinan tangan dari Bali. Seperti Anda semua ketahui, hampir seluruh bagian dari pohon multi guna ini dapat digunakan dan bermanfaat. Diberkati oleh Sang Maha Pencipta dengan lokasi restaurant yang berada di tengah-tengah kebun kelapa, maka menarik untuk diperhatikan bahwa tapis ini digunakan sebagai bahan bakul nasi putih yang dituangkan ke piring kami oleh para pelayan di restoran ini. Di Kayu Manis, tiap villa dinamai dengan istilah bagian pohon kelapa, sebagian besar dalam bahasa Bali, yang terkadang masih sedikit asing di telinga saya.

PENGALAMAN DINING DI TAPIS, KAYU MANIS PRIVATE ESTATE

(source: www.kayumanis.com)

Enchanting Moments Floating Dinner : Pengalaman private dining, konsep sesuai dengan yang Anda inginkan. Cocok untuk pasangan bulan madu dan yang sedang mencari suasana romantic berdua.

BBQ Dinner : Untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu bersama dengan keluarga dan teman-teman dalam satu villa pribadi.

Seluruh pengalaman dining disini dapat diatur sesuai dengan selera dan konsep yang Anda inginkan, dan diberikan pula pilihan penampikan pertunjukan yang bisa Anda nikmati

Cocktails & Canapés :  Tapis menyediakan suasana santai dan menyenangkan bagi para tamu yang tinggal di villa Kayu Manis ini, dengan suguhan pre-dinner cocktails dan canapé setiap harinya, selama periode tinggal para tamu tersebut. Kesempatan yang baik untuk bersosialisasi dengan para tamu sesama penjelajah dunia dalam setting suasana Bali yang bergaya, sambil menikmati beragam pelepas dahaga yang bercita rasa.

Tapis Celebrations : Kalender event kuliner di Tapis mencakup beberapa perayaan dan hari istimewa termasuk Natal dan Tahun Baru. Setiap event dirancang dengan cermat untuk dapat memadukan tradisi timur dan barat dengan indah, demi terwujudnya sebuah malam perayaan yang penuh kenangan tak terlupakan.

Jika Anda hanya punya satu hari lagi liburan di Bali, dan masih ingin menikmati kekayaan warisan kuliner Indonesia, Tapis Restaurant di Kayu Manis Jimbaran Private Estate & Spa dapat membawa Anda dalam satu perjalanan singkat jelajah kuliner dari beragam daerah dan budaya negeri ini, sesingkat satu masa makan pagi, siang atau malam.

Chef Oka - Tapis Restaurant - Kayu Manis Jimbaran

TAPIS at Kayu Manis Jimbaran Private Estate & Spa

Jl. Yoga Perkhanti, Jimbaran (masuk di belakang lapangan bola Yoga Perkhanti)
Phone : +62 361 705777
Fax : +62 361 705101
Email : experience@kayumanis.com

MEDIA SOSIAL KAYU MANIS:

Facebook     : https://www.facebook.com/kayumanisresorts
Twitter         : https://twitter.com/kayumanisresort
Instagram   : http://instagram.com/kayumanisresort

Tagged :

12 Responses to “Tapis – Warisan Kuliner Indonesia ala Kayu Manis Jimbaran Private Estate & Spa”

  1. Rudi says:

    Hi

    Mau tanya Lumpia Bebek Jamur rasanya bagaimana tuh ?
    dibanding lumpia biasa?
    hehehe

    • Bee says:

      Hi Rudi, Lumpia Bebek Jamur di Tapis rasanya crunchy, gurih, nggak berminyak greasy kaya lumpia ‘jalanan’ yang pasti, karena buatan Chef Oka :)

  2. Reviewnya netral, bagus. Fotonya jg bagus. Itu penataan makanannya siapa yg nata? Terutama yg pete itu cantik banget penataannya.

  3. klg says:

    sepertinya enak tuh, tpi pastinya mahal ya,,,,,,

    • Bee says:

      warisan resep leluhur yang dibuat oleh chef ternama di Bali yang bekerja dengan rasa cinta terhadap kuliner nusantara, sudah pasti kualitas, harga, rasa harus selaras yaa hehe :)

  4. klg says:

    keren, tapi lagi-lagi masalah harga, kira-kira terjangkau gak yaa

  5. Redndang oh rendang,,,,selalu bikin ngiler.hehe

  6. Rendang oh rendang,,,,selalu bikin ngiler.hehe

  7. naksir lumpia bebek jamurnya…enak ya kayaknya

Leave a Reply




You might also likeclose