SATE IKAN TENGGIRI @ Pasar Sukawati, Gianyar

Untuk Anda yang senang berburu oleh-oleh khas Bali murah meriah di Pasar Sukawati, Gianyar, sempatkan berwisata kuliner disekitar pasar yang paling ramai dikunjungi oleh terutama para wisatawan domestik ini. Ada beberapa pojok makan yang terletak di seberang pintu masuk Pasar Sukawati yang selalu ramai dikunjungi orang, salah satunya adalah warung baso Bu Agung, Nasi Goreng Jawa yang gerobaknya mangkal tepat depan warung Bu Agung, dan yang membuat kami selalu kembali kesini rela menempuh perjalanan 1 jam lebih dari rumah kami di Jimbaran, adalah Sate Tenggiri Pak Komang.

Dahulu Pak Komang,yang berasal dari Nusa Penida, berjualan bersama istrinya di pojok Pasar Sukawati, hanya beralaskan bangku kayu tua mungil, berteduh dibawah payung ‘darurat’ yang sudah usang. Rasa Sate Tenggiri yang dijajakan sangat digemari oleh bahkan para pedagang lokal yang berjualan oleh-oleh Bali di dalam pasar, dan juga para wisatawan yang berkunjung. Untuk mendapatkan tempat duduk (plastik) dan menikmati sate tenggirinya membutuhkan perjuangan khusus: datang lebih awal, pesan terlebih dahulu melalui SMS, para penikmat sate ini terkadang harus rela makan sambil berdiri dibawah terik panas matahari Bali. Waktu berjualannyapun tidak terlalu lama, antara pukul 12.00- 16.00, tutup kalau habis.

Pak Komang sempat melebarkan sayap kiosnya ke tempat yang lebih luas tepat dibelakang pojok pasar sebelumnya. Sejak 2012, Pak Komang dengan ‘hidup barunya’ (tanyakan lebih lanjut pada beliau..), memutuskan untuk menyewa sebuah kios yang lebih permanen yang terletak sekitar 100 meter sebelum Pasar Sukawati, kanan jalan, tepatnya di depan Toko Puri.

Yang membedakan Sate Tenggiri Pak Komang dari sate lilit khas Bali yang lain adalah : jika biasanya jenis ikan yang digunakan adalah Tuna, maka yang digunakan Pak Komang adalah ikan tenggiri dengan tekstur dan rasa gurih yang berbeda, tanpa rasa amis ikan pada umumnya. Tusuk satenyapun memakai pelepah batang kelapa yang muda, pipih dan lebar, alih-alih batang bambu yang tipis. Ada sensasi dan aroma yang khas dari tusuk sate yang berbeda ini.  Sebagai hidangan pendamping sate tenggiri, disajikan ‘Tipat’ atau ketupat dan Plecing Kangkung pedas membahana, lalu disiram dengan kuah bawang kunyit yang sangat istimewa, menyempurnakan pesta rasa di lidah. Pengunjung dapat juga memilih Nasi Sela (nasi dengan tambahan ketela/ubi rebus cacah) sebagai ganti Tipat.

Adonan sate tenggiri

Satu porsi Sate Tenggiri dengan tipat dan plecing kangkungnya, dihargai hanya  Rp 10,000,- tidak pernah lupa, kami selalu pesan lebih untuk dibawa pulang atau sekedar menjadi buah tangan untuk teman dan tetangga di Jimbaran.

Pak Komang dan Istri - Sate Ikan TenggiriLokasi pertama tempat Pak Komang berjualan Sate Tenggiri, tepat seberang Pasar Sukawati

Bakar sate

Es kelapa mudaLokasi kedua dibelakang pasar,di pelataran rumah penduduk lokal Sukawati

sate-lilit-ikan-tenggiri-sukawatiWarung Sate Tenggiri Pak Komang yang paling anyar (updated : 2013)

Sate Tenggiri Pak Komang juga menerima pesanan untuk acara : pernikahan, pesta, dan lain-lain.

Sate Ikan Tenggiri, Sukawati

SATE IKAN TENGGIRI PAK KOMANG

Alamat lama :
Depan Pasar Sukawati (lama)
Sebelah Warung Bu Agung
Depannya ada tukang jualan baso dan nasi goreng

Alamat Baru :
Sebelum pasar Sukawati (kira2 100meter), pinggir jalan sebelah kanan, Di depan toko PURI’S
Spanduk bertuliskan “Warung Sate Pak Nyoman” yang salah cetak, tetap dipakai!
HP. Pak Komang 0878 6016 1566

 

 

Tagged : , , , , ,

13 Responses to “SATE IKAN TENGGIRI @ Pasar Sukawati, Gianyar”

  1. serry says:

    Jadi lapeeeeeerrr!!

  2. Eka jegeg says:

    aku tahu, penjual bakso itu..emang enak ya? belum pernah beli, tapi lain kali,kudu dicoba neh!!
    sate tenggiri? hhmm…….nyamnyam….pake plecing pula..nyam nyam….ga kuku dweh….jadi pengen poollaaaaanngg….

  3. Adhe says:

    Hmhmmm kyax enak bnget nih jd laper deh.. Hehe ;-)
    Pengen cb deh tp kpn y da cbngx di PAPUA????????????????!!!

  4. admin says:

    @Adhe :Halo! Kamu tinggal di Papua ya? Ya jgn lupa kalo ke Bali one day mampir si Sate Tenggiri ini!Dijamin ketagihan, bungkus juga ya! :p

  5. Ekajegeg says:

    update sekaleeee Bee:-))
    next time, aku pasti kesanah!!!!

  6. Anita says:

    Pasar sukawati memang komplit… jadi inget waktu beli souvenir pernikahan di pasar ini

  7. Rahma says:

    hmmm,,,jadi kangeen banget sama sate lilit, kalo favorit aku yg di jl.pulau moyo, kurang lebih 300meteran klo dari preumahan jadi pesona…
    pentol yg dimasak pake ares juga enak…makanan bali tu pokoknya enak2 :D

  8. […] Sate ikan tenggiri sukawati | wisata kuliner bali […]

  9. […] Sate ikan tenggiri sukawati | wisata kuliner bali […]

  10. ade says:

    maaf, halal kan ya mba?

Leave a Reply




You might also likeclose