RUJAK BALI ‘BU RANTE’ @ Sindhu Beach, Sanur

Asiknya tinggal di Bali adalah, kita bisa makan apapun yang kita suka bukan cuma di restoran atau warung, tapi bisa juga di…PANTAI!!!!!!!!!! Saya dan Benny penggemar berat Rujak, apalagi Rujak Bali, seperti saya pernah ulas sebelumnya, rujak Bali itu punya rasa kuah yang khas, beda dengan rujak yang biasa kita makan di Jawa. Dan kita nggak pernah berhenti berburu Rujak Bali di tiap-tiap daerah yang kita kunjungi.

Kali ini, Sanur, tempat wisata favorit sebagian besar turis Eropa, terutama Jerman, Belanda, above 40′ gitu dech..:), jadi tempat ini memang relatif jauh lebih tenang dari hiruk pikuknya Kuta, misalnya atau Seminyak. Di sepanjang garis pantai daerah ini banyak sekali pantai dengan nama-nama yang berbeda sesuai dengan nama desanya, ada Pantai Matahari Terbit, Pantai Segara, Pantai Semawang, Pantai Mertasari (‘venue’ utama Sanur Village Festival’09 baru-baru ini, seru!), juga Pantai Sindhu.

Nah..di Pantai Sindhu inilah, saya nemu tukang Rujak Bali, namanya Bu Rante (e pepet ya bukan e taling), yang menyajikan racikan kuah rujaknya istimewa, karena berbeda dengan kuah rujak gula pada umumnya, ini sambel cabe merahnya rada kering, pedesnya baru kerasa beberapa saat setelah kelar makan (waduh ini yang gawat). Terasinya kerasa banget. Cara meraciknya juga sedikit berbeda : Sambelnya nggak diulek di depan kita, tapi udah jadi, tinggal ditaruh di atas buahnya (saya saranin pilih mangga aja, jangan buah campur, lebih asik rasa buah asem+pedesnya) dan gula merahnya juga udah jadi, tinggal campur aja. Jadi bisa disajikan cepat, nggak pake nunggu penjualnya ngulek dulu. Harganya biasa aja, sekitar 3000-an. TOP!

Rujak Mangga Bu Rante

Sambil nunggu rujaknya jadi, ada penjual jagung bakar (kalo yang ini rata-rata pejualnya asli Jawa) di depan kios Bu Rante, bisa tuh iseng-iseng ‘digrawut’. Juga kalau Anda datang bersama keluarga, ada permainan ‘watersport’ disini yaitu perahu kano, ada penyewaan ban berenang buat anak-anak juga.

Jagung di sanur

Memang banyak penjual Rujak Bali di pantai ini, tapi Warung Bu Rante adalah kios pertama menghadap pantai, begitu masuk areal pantainya, dengan terpal plastik biru,dengan ciri khas memakai jaket (punya suaminya) dan topi (suaminya juga kali), dan pelayanan yang ramah, ‘funky’, senang ngobrol, nggak jutek, membuat saya paling betah mampir ke kiosnya kalo lagi main ke Sindhu Beach.

Bee & Bu Rante Rujak

Sambil menikmati indahnya Sindhu Beach, saya ngos-ngosan kepedesan..

Pantai Sanur dpn Rujak Bu Rante

RUJAK BALI ‘BU RANTE’

Pantai Sindhu, Sanur Dari Jl. By Pass Sanur,
belok kanan di perempatan McD Masuk Jl. Danau Tamblingan
Belok kiri setelah kira-kira 150 m di Jl.Pantai Sindhu
Ujung jalan mentok, bisa parkir depan Hotel Mahaphala, Sanur – no mobile phone la yaa…

Tagged : , ,

9 Responses to “RUJAK BALI ‘BU RANTE’ @ Sindhu Beach, Sanur”

  1. Bee says:

    Enak enak enak….Bart mesti bawa saya lagi ke Warung Rujak Bali Bu Rante nih. Pedesnya nagih sih.

    This time I won’t share my Rujak with Bart…:)

  2. Buat yang suka sambal harus coba racikan si Bu Rante :)
    Sialan Gaby bikin kabita, pengen ah hari minggu ini

  3. soulharmony says:

    sambil comment sambil mengkhayal makan rujak
    *ngelap iler*

  4. Bee says:

    @Benny : Sabtu sor ini kita ke Warung Rujak Bu Rante lagi, yuk!! SERU kepedesannya sih!
    @soulharmony : Hi! Thanks udah mampir k blog saya, nahhh kapan ke Bali nyicipin Rujak enak ini?? Baru mau mampir ke blogmu nih

  5. Rahma says:

    Bu Rante jual rujak kuah pindang gak??

    • Bee says:

      Jual Rahma, semua jenis rujak Bali dia buat tapi saya lebih suka sama rujak gula+cabe merah khas dia ini…yummmm banget!

  6. yayuk says:

    dimakan di pinggir pantai,,alangkah sedapnya….

  7. Vero says:

    Kalah itu gan ama warung 77 rujak buleleng, di daerah renon denpasar, buka ampe malam tempatnya asyik, semua rujaknya maknyus ga tersaiingi,apalagi tupat plecing ama cantoknya

Leave a Reply




You might also likeclose