PAPER PLANES, hidangan favorit Malaysia di Jimbaran

Read the english post here.
Roti renyah yang hangat, dioles dengan saus selai rumahan yang legit, sambil menyeruput minuman hangat yang ‘creamy’ – Resep jitu penghangat badan di musim hujan di Bali saat ini. Tertarik mencicipi?

MALAYSIA, TARIK TEHNYA MANGGG…!

Sebelum kami bertemu tiga serangkai teman-teman dari negeri jiran Malaysia ini – Hans, Karl, Chee Hang, kami pikir kami sudah menemukan warung teh tarik dan roti canai yang paling enak di Bali dengan harga terjangkau dan tempat yang nyaman. Sampai kami menemukan warung rumahan Paper Planes yang menyajikan hidangan favorit khas Malaysia dengan cita rasa otentik, seasli dan senikmat yang disajikan di negeri asalnya, dan warga aslinya pun pasti akan mengangguk setuju untuk klaim rasa ini…  Roti Canai-Roti Prata-Teh Tarik-Curry LaksaHainanese Chicken Rice, hanya itu rasanya kosa kata kuliner Malaysia yang saya kuasai. Hmm..tapi saya tidak salah kan, Paper Planes?

Celupkan Saus kari khas Malaysianya, hmm.. | Paper Planes JimbaranCelupkan Saus kari khas Malaysianya, hmm..

Kata ‘canai’ atau ‘cane’ dalam bahasa melayu sendiri berarti ‘menggulung adonan’. Kami tidak akan membuat Anda bosan dengan sejarah makanan ini, atau membuat perbandingan dan perbedaan roti canai yang ada di India, Malaysia, dan Indonesia – tidak. Food blog Wisata Kuliner Bali selalu mengenai pengalaman kuliner dan bagaimana kami menyukai makanan kami, atau tidak – itu saja.

Saat kami mendengar Hans, sang pemilik sekaligus chef dari tempat ini, bertutur mengenai bagaimana sebuah gairah dan minat yang tinggi dalam bidang yang dia tekuni saat ini yaitu dunia kuliner, keahlian, dan juga kesabaran berperan penting dalam menyajikan kualitas makanan yang tidak sekedar berupa sebuah roti canai yang digoreng penuh minyak, atau mie laksa yang rasanya hambar dan biasa, kami tahu kami sedang berhadapan dengan sosok penuh dedikasi dalam dunia kenikmatan lidah ini. Roti Canai di warung Paper Planes terasa sangat renyah, lembut, kering tidak berminyak.

Dua macam selai rumahan : Kaya Jam dan Kelapa Pandan yang bikin ketagihan | Paper Planes JimbaranDua macam selai rumahan : Kaya Jam dan Kelapa Pandan yang bikin ketagihan

Berbeda dengan warung sejenis, Anda tidak semudah itu melihat aksi Hans menuangkan dan menarik tinggi di udara gelas berisi Teh Tarik yang Anda pesan. Semua hidangan disiapkan dan dibuat di dapur, bagian belakang dari tempat makan yang menempati pekarangan rumah tempat tiga serangkai pemuda negeri jiran ini tinggal.

HANYA DI PAPER PLANES

Seluruh adonan roti, selai sarikaya, dan mie dibuat sendiri dengan penuh cinta dan kesabaran. Segalanya dibuat sendiri dimulai dari bahan adonan dasarnya. Ini salah satu alasan mengapa kami jatuh cinta pada rasa Roti Canai dan Curry Laksa disini – setiap gigitan dan suapan terasa lembut, nikmat, renyah, gurih. Hal ini yang membuat Benny, Geo, dan saya kembali lagi ke Paper Planes beberapa hari sesudah kunjungan pertama kami! Kami kembali untuk : Roti Canai dengan dua macam selai karamel dan pandan kelapa yang berwarna hijau yang legit rasanya, Hainanese Chicken Rice yang sangat enak terasa kaldu ayamnya, dan Three Layer Tea – minuman bergaya tiga lapis favorit kami, yang terdiri dari gula Melaka (di Pulau Jawa kita menyebutnya Gula Jawa, dan di Bali, aha!..tentu saja disebut Gula Bali – ini gula yang sama), teh, dan susu, semua bahan yang langsung didatangkan dari negeri tempat Hans tinggal.

Adonan roti canai yang dibuat dengan penuh kesabaran dan rasa cinta | Paper Planes JimbaranAdonan roti canai yang dibuat dengan penuh kesabaran dan rasa cinta

Saus kari yang kental nan segar dan pedas! | Paper Planes JimbaranSaus kari yang kental nan segar dan pedas!

Hainanese Chicken Rice, I'm in Malaysia! | Paper Planes JimbaranHainanese Chicken Rice, I’m in Malaysia!

Promosi Spesial di Paper Planes saat ini : Ada Happy Hour dari jam 2 siang sampai jam 5 sore. Mereka punya Promo “22K on 22B deal” : dengan hanya Rp 22,000 saja, Anda dapat memilih satu jenis Roti yang terdapat pada menu dengan segelas Teh Tarik panas atau dingin. Kenapa 22B? Karena itu nomor rumah mereka, haha!..

Three Layer Tea - WAJIB dicoba! | Paper Planes JimbaranThree Layer Tea – WAJIB dicoba!

Saatnya untuk hidangan pencuci mulut – Tau Foo Fah adalah sop kembang tahu, yang mengingatkan saya pada cemilan berkuah sejenis saat saya, Gaby, masih tinggal di Bandung, pedagang yang memikul jualannya, lewat di depan rumah kami dahulu. Tetapi Tau Foo Fah disini sungguh berbeda. Jauh dari kesan hambar dan ‘eneg’, bertekstur halus, lembut, dan licin, dengan kuah dari jahe dan gula Melaka. Perut terasa sedikit hangat, enak sekali rasanya mencicipi ini setelah hidangan utama laksa ayam yang berkuah kental dan pedas. Sebelum mendapatkan tekstur selembut ini tanpa aroma kacang kedelai yang keras, Hans, sang chef telah melalui begitu banyak percobaan dan kesalahan, sampai akhirnya dia berhasil menemukan formula yang pas dan tepat untuk menu manis ini. Bravo, Hans!

Tau Foo Fah, tidak Eneg - Paper Planes Jimbaran

Sudah pernah mencicipi segelas bir Bintang paling dingin di Bali atau “the best icy cold beer in Bali” yang selalu diklaim oleh banyak café, restoran di Bali yang tertera di papan tulis menu andalan di depan warung mereka? Cobalah Paper Planes Snow Beer yang disini diklaim sebagai bir yang “colder than your ex’s heart”! Wow..sadis. Karl dan Hans menjelaskan kepada kami bagaimana cara menikmati Bir Bintang yang sangat terkenal di Bali bagi para turis mancanegara ini, di suhu terendah dan paling dingin yang pernah ada di pulau ‘sun, surf, sand’ ini. Brrr…..

KURSI DAN MEJA BERGAYA ‘RUSTIC’ ITU..

Yang kami sukai dari tempat ini selain makanannya yang sangat lezat dan bikin ketagihan, adalah suasana santai, rumahan, dan unik dari meja kayu nuansa hijau kuning bergaya ‘rustic’, dan kursi besi ex-sekolahan berkesan jadul. Di segala sudut tempat ini Anda akan melihat paper planes – lambang pesawat kertas ada tergantung di pohon, di tempat tissue di atas meja, di pigura di dinding. Disinilah, tempat untuk menikmati hidangan khas dan favorit negeri jiran. Kami dengar Chef Kevin Cherkas dari resto Cuca yang terkenal di Jimbaran itu juga sudah pernah mampir dan menyukai hidangan di Paper Planes. Tentu saja! Terima kasih juga sudah menyediakan kursi makan anak yang layak dan baik untuk Geo, putera kami. Kami selalu menghargai rumah makan yang menganggap para bocah kecil juga adalah tamu penting mereka. Kalau kami boleh sarankan, akan lebih baik lagi, jika toiletnya diperbaiki dengan model duduk, bukan jongkok, karena ini akan jauh lebih memudahkan kami para orang tua yang membawa anak kecil.

Kursi dan Meja bergaya "Rustic" at Paper Planes Jimbaran

DIMANA PAPER PLANES

Terletak di tengah antara Jl. By Pass Jimbaran dan Nusa Dua, setelah melewati persimpangan besar KFC-McD-Bali Taxi, terus ke arah Nusa Dua, tetap di jalur kanan karena setelah lampu merah seberang pom bensin Anda harus belok kanan, masuk ke komplek Taman Griya (perhatikan papan billboard besar iklan perumahan disana). Ini adalah komplek pemukiman cukup padat dan sibuk dengan berbagai jenis rumah makan , warung, mini-market. Ikuti jalan utama Danau Batur Raya, tepat diseberang bimbel Primagama dan bank BRI, Paper Planes adalah rumah no 22B dengan gerbang khas gaya Bali, papan tulis menu dengan kapur warna warni yang funky, dan susunan meja kursi gaya rustic dan rumahan di pekarangan, lampu pijar romantic, dan..tentu saja lambang pesawat kertas dimana-mana.

TIPS

  1. Pesan tempat sebelumnya jika Anda membawa keluarga atau teman-teman pada akhir pekan  atau hari libur, meja panjang dibawah canopy adalah tempat yang tepat terutama saat hujan datang.
  2. Sebagian besar menu disini adalah hidangan daging babi, jika Anda tidak makan daging ini, pilihan menunya memang sangat terbatas. Hanya Curry Laksa dan Hainanese Chicken Rice yang dapat Anda pilih dari makanan utamanya, dan tentu saja Roti Canai dan Pratanya yang wajib Anda cicipi disini.

Paper Planes – Homemade classic Malaysian favorites

Non-halal
Jam operasional: 11.30am – 11.45pm (yup, 15 menit menuju tengah malam)
Jl. Danau Batur Raya no. 22B
Taman Griya, Jimbaran
Bali, Indonesia
Tel/Mobile : +6281238311818

TemukanPaper Planes di :
Facebook : www.facebook.com/paperplanesjimbaran
Trip Advisor : www.tripadvisor.co.uk/Restaurant_Review-g297696-d4789023-Reviews-Paper_Planes-Jimbaran_Bali.html

Tagged : , ,

16 Responses to “PAPER PLANES, hidangan favorit Malaysia di Jimbaran”

    • Bee says:

      Hi Khaidir, kalo lagi main ke Jimbaran/Nusa Dua, wajib coba Paper Planes deh…Roti Canainya top markotop! Beda banget…sangat otentik. Cheers!

  1. Benny says:

    Nagih sama Curry Laksanya! 2 kali datang dalam seminggu hanya untuk porsi jumbo Curry Laksa!

  2. Reasa Tjandisaka says:

    Roti prata dgn saus karinya bener2 enak…..jgn lupa dgn roti kertasnya (favorit anak2…hehe…), curry laksanya ok…dg kuah kental makin nikmat dg sambel dan perasan jeruk nipis…..sayang hainanese chicken rice nya sold out jadi ga kebagian mencicipi rasanya; untuk minuman three layer tea dan snow beer (walaupun hujan) harus dicoba….sbg penutup tau foo fah rasa pandan melegkapi makan malam ditengah gerimis malam minggu….
    Thanks Bee….

    • Bee says:

      Sama-sama Pak Reasa. Habis liburan long weekend di Bali ya? Kemana aja wiskulnya nih..Wah hainanese chicken rice pasti laku keras krn itu salah satu makanan utama favorit disana, menunya emang belum banyak ya. Wah Bintang dingin sih minuman kapan saja dimana saja, haha…Terima kasih banyak sudah jadi pembaca setia blog WKB! Cheers – Gaby & Benny

  3. rachel says:

    Asli ini mah harus nyoba…..dari pict udh ketauan pasti enakkk….currynya kelihatan yummy……bali I’m coming :)

  4. mmmmm….. sepertinya yummi nich.
    jadi nggak perlu jauh-jauh ke negeri seberang untuk mencicipi kulinernya..

    • Bee says:

      Terima kasih, di komplek Taman Griya Jimbaran memang banyak tempat wiskulnya, Paper Planes salah satu yang kami sangat rekomen.

  5. Mike says:

    wih, enak tu kayaknya :9
    kebetulan lagi bingun mau cari makanan yang beda, buat adain acara, bisa dicoba nih kesni minggu depan :D

    http://kamarmurah.com

  6. hanz says:

    rasanya kira” gimana, apa rasa rempahnya sama seperti di indonesia

    • Bee says:

      Wah beda banget Hanz karena bumbu dan yang masaknya anak2 muda Malaysia asli, cita rasanya seperti makanan rumahan mereka, begitu mereka bilang.

  7. Gocioo says:

    hmm, tempatnya ga terlalu unik ya

Leave a Reply




You might also likeclose